G Dragon VS Marijuana: Another Trial?!

YAP!
Hari ini bener-bener kelabu banget buat VIP sejak dari tadi pagi membuka mata sampe menjelang mata menutup sebentar lagi. Terutama buat Wannyaa, ngebayangin GD di sana berjuang sendirian, dipojokkan semua orang, dibenci, dimaki, ditendang, digorok, dijorokin ke empang…
*bentar-bentar, kok tambah ekstrim?*

Intinya, berita yang beredar hari ini bener-bener cobaan dan ujian untuk GD dan terutama para VIP dalam menghadapi berita-berita negatif yang ditujukan bagi idolanya tersebut. Para penguntit sekalian udah gak sabar kan untuk membaca laporan versi Pop’in Asia?
Yok, monggo…

Semua dimulai dari berita ada laporan dari pihak yang berwajib bahwa G Dragon adalah pengguna mariyuana/ganja yang ilegal. Mereka melaporkan bahwa pada sekitar bulan Mei, G Dragon, yang waktu itu sedang berada di Jepang untuk konser, diduga menggunakan narkotika ini ketika sedang berada di sebuah klub di Jepang. Kemudian pada bulan Juni, dilakukan tes urin kepadanya dan menunjukkan hasil yang negatif, tapi ketika di bulan Juli dilakukan tes pada rambutnya, ternyata menunjukkan hasil yang positif bahwa G Dragon pernah menggunakan ganja.

Menurut laporan, G-Dragon memang pergi ke klub Jepang dan dia sana ia menerima sebatang rokok dari orang asing Jepang, ia merokok dan menghisap satu, tetapi baunya berbeda dari asap rokok, namun ia masih merokok sedikit dari itu.
Menurut jaksa Kim Jong Hee dari Seoul “Serious Crime Squad” Department (Departemen ini menangani kejahatan berat seperti narkoba dll), saat ini G-Dragon berada di bawah kecurigaan dari dakwaan atas kecurigaan merokok ganja. G-Dragon bukanlah seorang perokok ganja dan ini adalah pertama kalinya dia merokok itu. Selain itu, jumlah yang ditunjukkan pada hasil tesnya, kandungan ganja dalam sistem tubuhnya terlalu sedikit walaupun hasil tes obatnya positif. Mereka telah mempertimbangkan fakta bahwa GD hanya seorang mahasiswa dan karena itu telah memberikan penangguhan dakwaan atas namanya.

YAP! Sampe situ rangkuman beritanya tentu aja bikin para fans panik, tidak terkecuali dari pihak Paman YG sendiri. Begitu tau berita ini bener-bener serius untuk ditanggapi, Paman YG pun segera mengeluarkan pernyataan resminya:

Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami yang paling dalam untuk semua fans dan semua orang yang menghargai musik Big Bang.

Kami akan memberitakan yang sebenar-benarnya tanpa adanya penambahan atau pengurangan.

G-Dragon telah melalui proses pemeriksaan narkoba pada bulan Juli lalu. Karena G-Dragon tidak pernah memakai ganja, kami setuju untuk bekerja sama dengan penyelidikan tersebut dan mengikuti proses pemeriksaan sesuai jadwal yang diberikan. Meskipun begitu, hasil yang dikeluarkan berdasarkan pemeriksaan rambut G-Dragon adalah positif untuk jumlah yang sangat kecil dimana hasil ini sangat membuat kami terkejut.

Ketika kami sedang mendiskusikan apa yang mungkin menjadi penyebabnya, kami teringat akan acara yang terjadi pada bulan Mei lalu pada saat mereka sedang melakukan tur Jepang. Pada saat itu, diadakan sebuah pesta dengan berbagai rekanan di Jepang yang mengunjungi kami di lokasi konser untuk merayakan kesuksesan konser Big Bang. Ketika G-Dragon sedang berada di toilet, seorang pemuda, yang sepertinya adalah fans Jepang, mengenali G-Dragon dan menawarkan rokok sambil menyapanya. Karena ingin bersikap sopan, G-Dragon menerima dan menghisap rokok tersebut 2-3 kali, namun karena terasa beda dengan rokok normal lainnya, ia membuangnya ke toilet.

Kami mengira bahwa kejadian itu adalah hal yang sepele dan dengan cepat melupakannya. Namun, ketika kami berpikir mengenai apa penyebab dari hasil positif tes ini, kejadian malam itu kembali teringat lagi dan sepertinya menjadi alasan yang paling memungkinkan. Kami telah menghubungi kantor penuntut dan menceritakan kejadian tersebut dengan sebenar-benarnya.

Kejaksaan memutuskan untuk tidak mendakwa G-Dragon karena dua alasan. Alasan pertama adalah karena jumlah yang ditemukan sangat sedikit, dan alasan kedua adalah ia menghisapnya dengan tidak sengaja.

Meskipun tidak terdapat hukuman secara legal dalam kasus ini, namun kami percaya bahwa rasa bersalah dan rasa tanggung jawab yang harus ditanggung oleh G-Dragon dan YG Entertainment lebih berat daripada hukuman legal apa pun.

Sebagai selebriti yang selalu menjadi perhatian publik, dan sebagai sebuah perusahaan yang mengatur mereka, kami sangat menyesali munculnya kasus ini, dan kami telah merefleksikan kelakukan kami yang ceroboh. Kami menundukkan kepala kami sambil meminta maaf karena membuat kalian menjadi khawatir, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi.

Source: Chosun || Trans: Allkpop || IND: FinCh @ BigBang Indonesia

Bukan cuma itu, beberapa fans pun menghubung-hubungkan berita ini dengan twit dari sohib karib GD yang beberapa hari yang lalu terdengar galau, yaitu Tae Yang:

Photobucket

Translation: You think I don’t know that but I know all. It may seem like I’m being deceived but I’m just keeping my eyes closed.

Kamu mungkin tidak tahu, tetapi aku tahu semuanya. Hal ini mungkin tampak seperti aku sedang terperdaya, tetapi aku hanya sedang menutup mata.

Translation from @huisuyoon. Indonesian translate by Wannyaa

Yap, fans pun makin kebakaran jenggot begitu tau kalo (kayaknya) Tae Yang udah tau hal ini sejak lama. Tapi twit yang hanya terbatas pada 140 karakter belum tentu mencerminkan dalamnya perasaan dan hati manusia kan?! Karena dalamnya hati manusia lebih dalam dari lautan terdalam sekalipun.
*eaaaa*
*Wannyaa puitis*

Yah, mari kita berpikir positif aja deh ya. Sapa tau Tae Yang sebenernya gak menujukan twit itu buat GD. Who knows?!

Yak, mari kita balik lagi ke kasusnya GD.
Berita yang beredar ini pun mao gak mao langsung menunjukkan imbasnya. Seharusnya hari ini ada jadwal pemotretan Big Bang untuk promosi The North Face di sebuah studio di Seoul. Menjelang siang, semua persiapan sudah selesai, dan anggota staf serta model-model lain terlihat menunggu di set. Sayangnya, karena skandal GD pagi ini, para anggota Big Bang tidak muncul memulai syuting. Seorang anggota staf mengungkapkan, “Kami baru saja menerima pemberitahuan bahwa pemotretan hari ini akan dibatalkan.” Tampaknya dengan pemberitaan mendadak tentang masalah ini, Big Bang telah dihubungi secara langsung, dan YG Entertainment pun segera dihubungi untuk membatalkan jadwal mereka.
Namun tidak bagi Bean Pole, dimana GD menjadi imagerpersonnya sendirian. Berhubung keputusan dari pihak pengadilan bahwa GD masih belum ditetapkan sebagai tersangka dan dakwaan terhadapnya ditangguhkan, maka jadwal untuk syuting CFnya pun tetap berjalan seperti biasa.
Well, what a good decision, Bean Pole!

Gak cuman itu, ternyata YG Entertainment juga sedang menghadapi masalah besar lainnya, yaitu mengenai saham. Pada bulan Juni, YG Entertainment telah melalui tahap awal untuk mencatatkan dirinya dalam KOSDAQ, namun sampai sekarang mereka belum tercatat. Para ahli mengatakan bahwa insiden yang terjadi akhir-akhir ini tidak akan menghentikan langkah YG Entertainment untuk masuk ke pasar saham. Meskipun begitu, YG Entertainment sangat bergantung pada para selebriti yang ada dibawahnya dan juga aktivitas mereka. Maka dari itu, kejadian-kejadian ini mungkin akan menghasilkan dampak negatif kepada harga saham YG Entertainment bila mereka berhasil tercatat dalam KOSDAQ.
Saat ini, YG Entertainment mencatat penjualan hampir $45 juta dari tanggal 1 Januari sampai dengan 30 Juni. 27.98% berasal dari konser Big Bang seperti “2011 BIG SHOW” dan “Love & Hope”.

Sementara itu sejak berita tentang skandal ini banyak beredar, netizens di Korea sana pun para ribut memberi komentarnya masing-masing.

Photobucket

Photobucket

3904 setuju, 241 tidak setuju
Bahkan jika ia tidak tahu, ganja tidak dapat diterima karena dia G-Dragon (adalah selebriti)

3184 setuju, 77 tidak setuju
selamat tinggal GD
(padahal) Aku memiliki citra yang baik dari Anda karena Infinity Challange. Sungguh mengecewakan.

2602 setuju, 277 tidak setuju
Taeyang: “Saya dapat bertindak seperti yang saya lakukan tidak tahu, tapi aku tahu itu semua. Aku mungkin bertindak seperti aku sedang tertipu, tapi aku hanya menutup mataku. “

Photobucket

2651 setuju, 427 tidak setuju
Hanya karena dakwaannya ditunda, ia tetap saja menggunakan ganja. Tidak seharuskah dia dilarang tampil di TV?

2208 setuju, 296 tidak setuju
Hidup adalah satu tembakan

2028 setuju, 346 tidak setujut
* menghilang * Dragon

Photobucket

484 setuju, 73 tidak setuju
Itu bahkan lebih mengecewakan bagi saya karena saya seorang penggemarnya. Dia mengerikan, ia bahkan tidak minta maaf kepada keluarganya, label, dan penggemar?

443 setuju, 88 tidak setuju
Untuk KBS dan MBC, Anda melarang (para pemirsa) untuk tidak peduli (terhadap berita yang beredar) jika Anda tertangkap menggunakan narkoba. Apakah Anda menonton? Jika dia (GD) tidak dilarang (untuk tampil), maka YG pasti menggunakan uang.

366 setuju, 121 tidak setuju
“Malam ini saya mengisap ganja ~ ‘

Sedikit info, Wannyaa dapet kabar burung (burungnya sapa yang lepas neh?) kalo emang beberapa netizen Korea memang suka ekstrim dan lebay dalam menyampaikan kebencian mereka terhadap seseorang, walaupun orang yang dibencinya tersebut berbuat baik untuk sesama. Apalagi ada berita yang kayak gini, beehh, lahar subur dah buat memaki-maki sepuas hati. Jadi sebagai fans yang baik sudah seharusnya para VIP tidak terperdaya dengan komentar-komentar haters seperti ini bukan?

Hwalah, banyak juga ternyata imbasnya yah.
Eits, tapi tunggu dulu. Jangan pada gantung diri di pohon cabe dulu.
Ternyata ada yang masih percaya dengan GD.

Star News telah mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada masalah dalam kemunculan GD di TV. Perwakilan dari KBS menyampaikan bahwa sulit untuk membuat ia tidak muncul di TV karena GD hanya menerima penundaan dakwaan, yang berarti ia tidak perlu datang ke pengadilan. Sementara perwakilan dari MBC mengungkapkan bahwa mereka dapat berdiskusi mengenai hal tersebut, namun tidak tahu apakah mereka harus merapatkan kejadian ini. Mereka biasanya membuat rapat untuk kasus perdata atau pidana namun biasanya tidak perlu merapatkan keputusan ‘penundaan dakwaan’. Sementara pihak perwakilan SBS juga menyatakan hal yang mirip dengan KBS dan MBC tersebut.

Oiya, para penguntit sekalian memperhatikan gak kalo akhir-akhir ini GD lagi demen model rambut yang cepak seperti pic di atas? YAP, lagi-lagi beberapa netizen pun menghubung-hubungkan berita ini dengan dicukurnya rambut GD sampe cepak gitu. Namun dari pihak pengadilan pun mengeluarkan beberapa pernyataan menanggapi wawancara dari para wartawan Korea sana.

– Mencukur kepalanya tidak ada hubungannya dengan masalah ini. Tes itu (dilakukan) pertengahan Juni. Ia mencukur kepalanya 2 bulan kemudian. Kasus ini sudah lebih dari itu. Aku bahkan tidak tahu bahwa ia mencukur rambutnya. Tidak ada hubungannya sama sekali.

– Kami (sebenarnya) tidak membiarkan publik tahu begitu cepat karena dia seorang selebriti dan ini hanya kasus kecil. Kami tahu bahwa dia tidak melakukannya secara konsisten karena hanya rambutnya diuji positif, bukan urin.

– Dia mendapatkan penundaan dari dakwaan mengingat ini pelanggaran pertama dan hal itu tidak disengaja.

O iya, satu lagi. Mengingat semakin banyaknya artis yang berseliweran di twitter so pasti banyak yang gak tahan pengen berkomentar juga, seperti aktor Han Jung Soo dan Peter dari grup One Way seperti berikut ini:

Photobucket

“If we use our hearts to understand and forgive a young man’s momentary curiosity and mistake, we would gain more happiness and blessings in the future”

“Jika kita menggunakan hati kita untuk memahami dan memaafkan keingintahuan sesaat seorang pria muda dan kesalahannya, kita akan mendapatkan lebih banyak kebahagiaan dan berkah di masa depan”

translation by amandajaclyn18 @ twitter
Indonesian translation by Wannyaa

Photobucket
screencaps by xtlover15@Soompi

Wow, semakin banyak tudingan kok malah semakin banyak yang mendukung juga?!
Ha ha ha ha…

Well, sekarang Wannyaa serahkan kepada para penguntit yang budiman untuk menanggapi bagaimana berita-berita yang lagi seliweran sekarang.

BONUS CORNER
[SCANS] G-Dragon on 1st LOOK Magazine (October Issue)
Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

credit:JoongAng, Korean Gossip Girl, Soompi, Sports Seoul
source: Big Bang Updates@blogspot, Big Bang Indonesia Forum (thank you to FinCh for all the translation)

5 thoughts on “G Dragon VS Marijuana: Another Trial?!

  1. go GD go GD go! org dy dkrjain org,,brrti kn g salah…trus ktanya ni ada konspirasi ya??? huh,,awas aja klo ada org2 yg ngambil keuntungan dr kjadian ni, mrka pasti dpt blsannya ntar…TT

  2. Oppa, semangat, biarkan anjing menggonggong, orang ganteng tetap berlalu …
    Gak usah denger kata orang yang jelek2 in Oppa, dengerin aja kata orang yang dukung oppa, oppa pasti benar, aku yakin, VIP juga pasti yakin, bukan fans namanya kalo gak percaya sama Oppa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s