Block B Controversies: The Raging of Netizens

Annyeong Haseyo~

Gyaaaa, seneng deh akhirnya Wannyaa punya waktu buat nyempetin nulis lagi. Serius, Wannyaa kangen ama para penguntit sekalian. Yang kangen Wannyaa, Put your ketek up!!

*krik, krik, krik*

Ehm, baiklah. *garuk-garuk*

Eniwei, kembalinya Wannyaa kali ini sambil membawa berita yang lagi super HOT di Korea sonoh. Para penguntit sekalian lagi pada ngikutin gak berita yang kontroversi dari salah satu boyband rookie Korea, Block B dengan sang pangeran Thailand, NichKhun 2PM?? Well, sebenernya mereka berdua gak saling berseteru sih, tapi selama beberapa hari terakhir suasana menjadi semakin tegang sejak NichKhun mengetwit tentang rasa kecewanya terhadap interview yang dilakukan oleh Block B.
Nah, pada penasaran dengerin liputannya versi Pop’in Asia? Capcus cyiinn~

Semua bermula dari suatu hari yang cerah, burung-burung berkicau dengan indahnya, rumput dan daun menyebarkan wangi embun, dan Wannyaa lagi jongkok sambil angkat satu kaki di sudut rumah. Pada tanggal 19 Februari 2012 kemaren, NichKhun 2PM membuat sebuah twit yang isinya cukup mengejutkan rakyat tweeple sekalian, diikuti oleh Jun Ho dan Chan Sung.

@Khunnie0426: Those, who speak about things related to flooding in Thailand without having given it a decent thought, make Thai people feel bad. And instead of coming to Thailand and acting as you please, show some courtesy to this country and please display a proper attitude.

@dlwnsghek: I’m not going to disclose the names, but as a fellow Korean I am embarrassed beyond control. It would be great if a person could behave properly knowing that in one single moment one single action can disgrace not only him, but also the people around him. I’m saying this as a human being, and as a senior.

@2pmagreement211: Sometimes according to a situation even if you try to avoid careless actions, things might get out of hands, but when you’re thoughtless enough to disregard and hurt others, acting as if you’re the best out there, after such mistake you will be regarded as a thoughtless person… one should have a bit of shame…

Para followers mereka yang bingung dengan isi twit tersebut pun berbondong-bondong mencari tau apa gerangan yang sedang terjadi. Sampai pada akhirnya mereka menyadari bahwa NichKhun sedang mengomentari sebuah idol grup pada suatu wawancara yang berlangsung, yang disiarkan oleh media internet Thailand setempat, RYT9.

New Artist – Block B in Thailand 270112

RYT9

Di dalam wawancara yang sedang berlangsung tersebut terdapat beberapa kalimat jawaban yang dilontarkan oleh Block B yang dianggap tidak pantas ketika mereka ditanya komentarnya tentang musibah banjir di Thailand.


Wawancara dimulai dengan para member mempersiapkan diri untuk wawancara, Zico bermain-main dengan jasnya sambil wira-wiri di depan kamera para wartawan, sementara PO dan U Kwon pasang aksi dengan duduk di atas meja, sambil para wartawan mengambil gambar mereka masing-masing. Kemudian pada menit 03:40, Blok B ditanya tentang asal-usul nama kelompok mereka. Setelah pemimpin Zico menjelaskan, ia berpaling ke penerjemah dan menyatakan, “Anda tahu ini!”


Pada menit ke 9:15, pewawancara bertanya, “Apa yang membedakan Anda dari Korea lainnya artis hip hop?” Zico kemudian berkata, “Kami mungkin dianggap jelek menjadi idol. Tapi kami merasa percaya diri dengan kemampuan teknikal kami”. PO pun merespon jawaban itu dengan mengangkat kakinya ke atas dan bertepuk tangan dengan kedua kaki dan tangannya tersebut, sementara Zico melanjutkan, “Dan kadang-kadang kita mempunyai badut gila seperti dia.” U-Kwon tertawa dan tiba-tiba berdiri dan mulai menari-nari, diikuti dengan meniru gerakan seperti monyet sambil mengayunkan lengan dan berteriak-teriak.

Apa yang benar-benar mencengkeram perhatian dan kemarahan pemirsa adalah komentar Block B terhadap banjir yang terjadi di Thailand baru-baru ini. Di menit ke 12:32, pewawancara mengungkapkan peristiwa tersebut, dimana Zico menjawab, “Saya tahu bahwa banyak orang memiliki kesulitan karena banjir. Dengan bantuan moneter, kami berharap bahwa Anda akan merasa lebih baik. Satu-satunya hal yang kami miliki adalah uang.” Untuk ini, anggota lain ikut-ikutan, menanyakan berapa banyak uang yang Zico punya, yang dijawab, ” Sekitar 7000 won” dimana jika disetarakan sekitar $ 6 USD (Rp. 54.000)?. Jawaban tersebut diikuti dengan tawa.

Dengan komentar-komentar seperti itu, video tersebut dengan cepat menarik minat para viewersnya dan mendapatkan hampir 103.000 kali dilihat dengan rating negatif 95%. Ada beberapa fans (BBC) dan pemirsa yang membela perilaku Block B tersebut sebagai “gaya khas” mereka dalam berekspresi, tetapi beberapa netizens menegaskan bahwa mereka telah bertindak terlalu jauh selama sesi wawancara ini.

Salah satu netizen Thailand pun berkomentar

“Jika kalian bertindak tidak sopan seperti ini, saya mengundang kalian untuk pulang. Ini seperti kalian tidak pernah diajarkan sopan santun”.

Dan seorang netizen lain pun berkomentar,

“Meskipun saya tidak mengerti apa yang mereka katakan, saya pikir itu benar-benar benar-benar tidak sopan untuk mengolok-olok sesuatu yang jelas tidak lucu. Itu sangat memalukan dan benar-benar jahat. Anda baru saja kehilangan penggemar, Block B. ”

Sementar itu netizen Korea pun gak kalah berkomentar rame-rame mengungkapkan rasa malu mereka.

“Selamat Block B untuk membuat antifans di seluruh dunia, tidak hanya di Korea tetapi juga di Thailand. Sebagai warga Korea sendiri, saya merasa begitu sangat [malu] bahwa kalian semua adalah warga Korea. Saya sungguh [maaf] untuk rakyat Thailand”
“Thailand, jangan mendukung mereka. Mereka adalah sekelompok yang kasar dan tidak sopan. Aku ragu penerjemah mampu menerjemahkan segalanya. Mereka hanyalah anak muda? Yah, mereka lebih baik belajar tata krama dahulu jika mereka ingin sukses. Dan mereka juga nggak muda-muda amat. Ini sebenarnya sangat memalukan bahwa mereka adalah warga Korea.”

Sampai detik Wannyaa menuliskan postingan ini, udah hampir 1,5 juta viewers yang melihat video ini dengan rating negatif sebanyak 94,95% plus mereka menutup akses para pengguna youtube untuk berkomentar di bawah videonya.

Weeewww~

YAP! Ketiga poin di atas lah yang SANGAT memancing kemarahan NichKhun yang notabene adalah putra Thailand, melihat para rookie idol bertingkah tidak selayaknya public figure di depan kamera.


Yang bikin Wannyaa heran adalah mengingat ini sebuah wawancara lokal yang, kalaupun diberitakan di media Korea, (mungkin) jarang mendapat perhatian warga Korea untuk menontonnya, kok ya disiarkannya PAS BANGET saat 2PM lagi ada “HANDS UP” Tour Concet di Thailand. So pasti mereka menonton acara ini di waktu-waktu senggang mereka, mungkin setelah selesai konser atau apa. Dan semua orang tau kalo para fans NichKhun gak bakal cukup diitung pake jari. *lebay* Secara NichKhun yang mengerti kedua bahasa Korea dan Thailand, tentu saja memberikan reaksi terhadap jalannya wawancara tersebut. Wannyaa kadang mikir, SEANDAINYA NichKhun gak nonton acara tersebut, mungkinkah beritanya bakal jadi ruwet seperti ini?!?
Atau mungkinkah ini jalanan takdir semata?? *monyong* *ala silet*

Mari kembali ke beritanya~

YAP, setelah twit NichKhun yang sudah menyebar bak virus-virus flu burung, para Netizens pun gak kalah beraksi untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing. Dan tentu saja sebagai manajemen yang menaungi artisnya, Brand New Stardom pun tidak tinggal diam. Melalui fancafe Block B, masing-masing member Block B pun langsung membuat pernyataan permintamaafannya terkait dengan interview tersebut.

ZICO

Saya sangat meminta maaf atas sikap tidak masuk akal saya dan menciptakan kontroversi karena tindakan kekanak-kanakan saya dan tidak memperhatikan rasa sakit dan penderitaan rakyat Thailand karena kerusakan akibat banjir.
Meskipun saya sudah menjadi dewasa, saya merasa begitu malu karena komentar yang keliru, tidak mempertimbangkan perasaan para korban banyak banjir dan jiwa nasional.
Saya percaya bahwa apa pun alasan yang kami berikan, tindakan kami selama wawancara – duduk bersila di sofa, mengobrol dengan anggota, merusak citra Korea Selatan di luar negeri, dan tidak mampu membedakan garis antara apa yang benar dan apa yang salah – adalah dimaafkan.
Saya membungkuk sekali lagi meminta maaf atas tindakan kami.
Mohon maaf bahwa, berkat wawancara kami yang tidak pengertian, kami memberikan cedera (tambahan) pada bekas luka belum sembuh.
Saya sangat malu.
Maaf dan maaf lagi.

TAEIL

Pertama, saya ingin mengatakan maaf.
Ada banyak orang mengatakan, bahkan sebelum wawancara ini, apakah Block B terlalu seenaknya sendiri, dan kami percaya itu adalah kesalahan kami bahwa kami tidak mendengarkan kritik; namun (merupakan) laporan, dan bertindak seolah-olah itu adalah poin terkuat kami; sebagai figur publik di mata seluruh bangsa. Semua member telah bertindak tidak dewasa.
Saya jujur terkejut ketika fans kami mengirim kami klip wawancara melalui SNS [layanan jejaring sosial]. Kami adalah orang-orang dalam video tersebut… kita adalah orang-orang tidak sopan dalam wawancara itu, saya berpikir, dan dipenuhi dengan rasa malu. Saya benar-benar bisa bersimpati dengan mereka yang mengatakan bahwa kami menempatkan Korea Selatan dalam rasa malu.
Saya sekali lagi meminta maaf untuk kedua penolakan saya untuk mengontrol tindakan saudara-saudara saya yang lebih muda, dan tidak memperhatikan wawancara.
Saya akan bekerja lebih keras. Saya akan bekerja keras dan membayar kembali kepada semua orang dengan musik yang lebih baik. Untuk fans kami, korban banjir Thailand, dan semua orang, kami mohon maaf lagi.
Kami akan menjadi Block B lebih matang, dan Taeil yang lebih hormat.
Maaf.

JAEHYO

Kami sangat meminta maaf kepada warga Thailand.
Juga, kami minta maaf ke Korea Selatan untuk kesan yang merendahkan bangsa dan mempermalukan mereka.
Kami mohon maaf karena membuat orang tidak nyaman dengan kami dengan bersikap kurang hormat dan sikap lucu.
Meskipun saya harus sudah harus dapat memberi contoh kepada member yang lebih muda, saya minta maaf karena tidak bisa memenuhi peran itu.
Saya bisa mengatur wawancara di jalur yang benar, tapi saya tidak bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam proses tersebut dan saya mohon maaf untuk semua orang yang mersa malu setelah menonton video itu.
Saya merenungkan tindakan memalukan saya dan kurangnya tata krama dasar selama wawancara dan melihat kembali pada diri sendiri. Tidak ada alasan, atau penjelasan yang diperlukan.
Saya berpikir mendalam tentang hal ini adalah sebuah kesalahan besar dan akan bertindak dengan pikiran yang lebih di masa depan.
Saya mohon maaf.

B-BOMB

Saya minta maaf dari lubuk hati saya.
Selain sebagai figur publik, saya minta maaf karena tidak menghentikan tindakan sesama member saya sebagai hyung dan menciptakan kontroversi dari tindakan kami yang menentang tata krama dasar.
Meskipun kami harus menunjukkan rasa hormat yang lebih banyak dan sopan santun selayaknya orang Korea, kami mohon maaf lagi untuk penggemar yang kami kecewakan dan warga negara Thailand dengan tindakan kami yang tidak pengertian.
Kami akan bercermin dan berefleksikan lagi atas tindakan kami. Kami meminta maaf.
Kami akan bekerja keras untuk menjadi Block B yang tidak akan membuat kesalahan lagi.

PARK KYUNG

Halo, saya Park Kyung Block B.
Saya tidak punya sesuatu untuk dikatakan lain daripada menyesal.
Kita tahu bahwa apapun yang kita katakan, itu hanya akan menjadi alasan.
Semua tindakan kami, dari awal sampai akhir wawancara, dari tindakan member kami yang tidak dewasa ‘dan bercanda, dan pernyataan kami mengabaikan tingkat keparahan insiden itu, telah keluar dari batas dan kami sangat malu dan merenungkan kesalahan kami.
Kami menundukkan kepala lagi dalam permintaan maaf.

U KWON

Kami merasa sangat malu dan kami kecewa dengan wawancara tidak pengertian terhadap korban di Thailand kami.
Kami meminta maaf kepada semua warga negara Thailand yang mengalami kerusakan besar akibat banjir.
Juga, kami mohon maaf kepada warga Korea Selatan karena gagal menegakkan berkat citra nasional untuk tindakan tidak terhormat kami.
Saat menonton klip wawancara, kami merasa kesalahan yang telah kami buat dan akan bercermin lebih dalam.
Kami mohon maaf sekali lagi dan Block B akan bekerja keras untuk mencegah mengulangi tindakan ini yang tidak pengertian dan tidak sopan.

PO

Saya minta maaf atas sikap yang menyakitkan dan tidak sopan santun kepada semua penggemar Thailand dan para warga [Korea Selatan] yang telah memberi kami begitu banyak cinta.
Saya sangat menyesal bahwa saya bertindak dengan cara yang kekanak-kanakan yang tidak masuk akal sepanjang seluruh wawancara.
Itu adalah tindakan yang mengabaikan batas antara kebebasan dan garis kesusilaan. Sekali lagi, saya meminta maaf kepada warga negara Thailand dan penggemar.
Kami sangat akan merenungkan kesalahan kami yang menyebabkan citra nasional dan citra seniman yang rusak.
Saya merasa bahwa kami telah menunjukkan sikap tidak masuk akal dan tindakan yang begitu banyak sehingga kami menunduk sedalam-dalamnya dalam permintaan maaf.
Di masa depan, sebagai figur publik, kami akan bekerja keras untuk menampilkan citra yang lebih dewasa. Belajar dari acara ini, kami akan bertindak lebih cermat dan bertanggung jawab sebagai artis Korea Selatan.

Puaaahhh, banyak banget ternyata. Bentar Wannyaa mo minta pernapasan mulut ke mulut ama Zico dulu… Huh hah…

Yap, lanjut.

Tapi sepertinya para netizens masih tidak puas dengan permintaan maaf yang terkesan ecek-ecek dan hanya tertulis tersebut kayaknya tidak datang dari sumur hati para member yang paling dalam. Para netizens pun langsung membuat komentar terhadap permintaan maaf tersebut, ada yang langsung membuat petisi untuk membubarkan Block B, namun yang paling ekstrim kabarnya para netizen pun turut menyerang keluarga masing-masing member Block B dan membuat petisi bunuh diri kepada masing-masing member Block B. Dan kabarnya petisi itu telah mengumpulkan sampai 10.000 massa.

Apuaaaa?!?! Ckckck~ The power of netizens.

NichKhun yang mendengar tentang berita petisi bunuh diri ini pun segera mengupdate twitternya pada tanggal 20 Februari 2012, sebagai usaha untuk menenangkan para netizen.

Please, don’t say things like “wish someone would die” but hope they would learn. Like we all do, like I did from my own mistakes.
โปรด อย่าพูดว่า “อยากให้ใครตาย” แต่หวังว่าเขาจะเรียนรู้ เหมือนที่พวกเราต่างได้เรียนรู้และเหมือนที่ผมก็ได้เรียนรู้จากความผิดพลาด ต่างๆของตัวเอง


Melihat tindakan para netizens yang ekstrim tersebut dikabarkan Zico, sang leader ternyata langsung mencukur habis rambut pirangnya yang cantik itu, sebagai usaha penebusan dosa, serta absen datang di siaran radio MBC FM4U “Younha’s Starry Starry Night” (aka “Starry Night”). Namun Jae Hyo dan Park Kyung, dikabarkan tetap hadir seperti biasa.

Esoknya pada tanggal 21 Februari 2012, pada saat Block B muncul untuk perform di Show Champion, tampaklah penampilan baru sang leader tersebut.

120221 Show Champion Block B

spb5253

Dari performa tersebut terlihat para member Block B, tidak ada yang tersenyum sama sekali sebelum, selama, dan sesudah perform. Tapi tetap tidak mengurangi semangat mereka untuk tampil secara total di atas panggung. Kabarnya setelah selesai perform, Block B tidak berhenti menunduk dan membungkukkan badan kepada para penonton maupun kepada para performer yang lain.

120221 블락비 재효 수고했어 오늘도 at 쇼챔피언 @blockbhyo

jaehyohouse

Eniwei, esoknya tanggal 22 Februari 2012, Block B masih tampak tampil di jTBC Music On TOP serta di Mnet Countdown pada tanggal 23 Februari 2012, membawakan lagu hits terbaru mereka “NanLiNa”.

120222 MusicOnTop Block B – 난리나(Nanlina)

120223 Mcountdowm Block B – 난리나(Nanlina) (low quality)

spb5253\

Masih tetap dengan wajah yang ditekuk, namun dengan semangat yang tinggi Block B dengan total memberikan performa terbaik mereka di atas panggung. Walopun dari yang Wannyaa tangkep sih, mereka menyanyikannya agak “out of tune”, rada gak pas dengan suara bekgron musiknya. Dan ada beberapa koreografi yang diganti dengan membungkuk yang diselipi di tengah-tengah lagu.
Eniwei, yang mengharukan katanya para BBC sampai membuat fanchat untuk menyemangati performa Block B ini.

블락비 화이팅 비비씨가 있잖아 끝까지 함께해 사랑한다 블락비!
beul-lak-bi, hwa-i-ting, BBC-ga, it-jan-ha, kkeut ka-ji, ham-kae-hae, sarang-han-da block b
“Block B hwaiting, BBCs are here, until the end, together, we love Block B! ♥”

Kabarnya lagi, di acara Music On TOP pada tanggal 22 Februari itu, katanya Block B pun mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan, yaitu dicuekin oleh segenap performer yang hadir di sana. Wedeeeww~

Dengan rasa bersalah yang begitu menumpuk serta serangan dari para netizens yang bertubi-tubi, akun youtube resmi Brand New Stardom pun langsung merilis video permintaan maaf dari Block B yang diberi subtitle bahasa Korea, Inggris, dan Thailand pada tanggal 23 Februari 2012.

[Block B Apologies] 태국 국민 여러분께 진심어린 사과의 말씀을 전합니다.

BrandnewStardom

Serius deh, walopun yang nggak ngerti jalan cerita dari kontroversi ini, kalo ngeliat video di atas pasti ngerasain miris banget dan bener-bener kasian serta prihatin sama Block B.

Namun, beberapa netizen masih ada aja yang tetep ngeyel bilang kalo video tersebut hanyalah skenario semata, karena ZIco tampak terus menunduk dan seperti sedang membaca kartu petunjuk yang berada di bawah kamera. Hwalaaahhh~~

Semakin parah saja, pemirsaaa!!

Eniwei, setelah performance mereka di MNet Countdown pada tanggal 23 Februari 2012, dikabarkan para member Block B menolak segala macam interview yang ditawarkan kepada mereka setelah turun dari panggung, tetapi seorang perwakilan manajemen BNS bersedia untuk diwawancara. Berikut adalah wawancaranya.

– Apakah Anda tahu tentang masalah ini sebelum menjadi kontroversi dan mengabaikannya?
▲ Tentu saja tidak. Aku tidak pergi secara pribadi ketika mereka mengunjungi Thailand jadi saya benar-benar tidak tahu, karena itu aku benar-benar terkejut ketika para fans menunjukkannya. Rencana kami adalah untuk mengungkapkan permintaan maaf publik yang ditulis pada tanggal 20, tapi kontroversi itu tumbuh terlebih dahulu pada tanggal 19. Kritik dan serangan menyebar tak terkendali dan kami kehilangan pikiran. Semuanya menjadi lebih sulit karena kami kehilangan waktu dengan satu langkah.

– Apakah Anda berpikir bahwa situasi ini tidak adil?
▲ Tidak. Kami memang 100% seharusnya dikritik. Saya jelas memiliki kesalahan juga. Surat permintaan maaf yang ditulis para member secara pribadi ditulis tangan sendiri oleh mereka, kemudian diketik dan diposting online. Hukuman berat yang mereka terima (karena kontroversi itu) telah membawa anggota Block B kembali ke indra mereka. Namun, itu jujur memilukan ketika kami mendengar “kontrak Ekspor dibatalkan karena emosi negatif terhadap Block B” dan yang semacam itu dari sumber berita yang diambil dan diklaim beberapa netizens dan kemudian diterbitkan sebagai laporan sensasional.

– Beberapa netizens mengklaim bahwa Anda ingin membalas dendam pada Nichkhun yang membawa masalah ini menjadi perhatian.
▲ Apa jenis balas dendam yang dapat dilakukan sebuah lembaga kecil seperti kami terhadap JYP? Juga, terhadap Nichkhun akan direndahkan hanya karena kami menginginkannya? Sebaliknya, kami sangat berterima kasih kepadanya. Dia benar dengan menunjuk kesalahan kami, dan kemudian ia bahkan melindungi kami dengan mengatakan, “Saya harap mereka belajar dari kesalahan mereka,” dan mendesak para penggemar untuk mengendalikan diri. Masalahnya akan mendapatkan lebih besar jika bukan karena Nichkhun. Kami berterima kasih atas pengertiannya yang besar.

– Bagaimana keadaan para member Block B itu?
▲ Mereka panik. Hanya karena mereka berdiri di atas panggung tidak berarti mereka adalah tidak berpikir. Kami sangat khawatir mereka mungkin berpikir sesuatu yang drastis. Rasa kegembiraan itu besar tapi pikiran mereka pendek. Meski begitu mereka tidak mengatakan hal-hal yang berbahaya. Mereka tidak bodoh. Di satu sisi, sangat melegakan bahwa mereka benar dihukum sebelum masalah menjadi lebih besar. Mereka sangat menyesal, cukup menyesal untuk mati.

– Apakah ada berencana untuk langsung meminta maaf kepada warga Thai?
▲ saya akan mengatakannya lagi, tapi kami kehilangan waktu kami setelah menerima serangan dari semua sisi. Apa pun yang kami katakan akan terdengar seperti alasan sekarang. Kami juga tidak bisa langsung bergerak seperti yang kami suka dan pergi ke Thailand untuk meminta maaf (begitu saja). Ada perintah untuk hal ini. Kami mendiskusikan rute yang harus diambil. Minggu depan kami akan bergerak secara publik. Tentu saja kami memiliki rencana untuk pergi ke Thailand juga.

– Apakah Anda punya permintaan?
▲ Kami tidak bisa mendapatkan yang lebih rendah dari ini. Tolong, jangan menyudutkan kita ke dalam situasi yang mengerikan. Kami salah. Kami, termasuk saya dan Block B, yang sangat menyesal. Kami akan mengambil kesempatan ini dan menjadi lebih dewasa. Tolong beri kita kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kami. Menghukum kami lebih lanjut hanya akan seperti memukul paku di peti mati. Ini semua salahku. Meskipun Anda menyerang kami silahkan setidaknya mengakui ketulusan kami. Hati anak-anak Block B jauh lebih lembut dari yang Anda pikirkan. Mohon merangkul mereka, bahkan hanya sedikit.


Pada akhirnya kesedihan Block B pun mencapai puncaknya, dengan kabar bahwa maknae PO dilarikan ke rumah sakit karena shock akibat berbagai serangan petisi bunuh diri yang dilontarkan kepadanya, pada tanggal 24 Februari 2012 kemarin. Dan rumor pun segera beredar kalo PO terdiagnosis Schizophrenia pasca shock karena kejadian ini. Kalo dalam bahasa awamnya Szhicophrenia adalah sakit jiwa alias gila gitu. Hwalaaahh~

Kalo Wannyaa mah dari dulu emang udah sakit jiwa, gara-gara GD… hahahah…
Maap jadi curcol…

Tapi ini pun masih sebatas rumor, karena manajemen BNS menutup rapat apa diagnosis pasti tentang sakit yang dialami oleh PO.

Pada hari yang sama, Block B pun dinyatakan dilarang untuk perform oleh 3 stasiun tipi yang menayangkan music show, yaitu KBS Music Bank, MBC Music Core, serta SBS Inkigayo, terkait dengan kasus kontroversi ini. Walaupun MNet Countdown sudah “berbaik hati” untuk mengijinkan Block B tampil untuk minggu ini, mereka masih mengevaluasi ulang apakah masih bisa mengijinkan Block B untuk tampil lagi minggu depan.
Namun kabarnya para BBC membanjiri bulletin di situs SBS Inkigayo dan memohon untuk mengijinkan Block B untuk tampil hari minggu besok.

Dengan ditariknya Block B dari berbagai music show, membuat jadwal kerja mereka menjadi lebih longgar dari biasanya. Berikut adalah jadwal mereka tertanggal 27 Februari – 4 Maret 2012.

2012.02.27

2012.02.28
[BROADCAST] Channel A KPOPCON
Time: 6:20 PM

[LIVE BROADCAST] MBC MUSIC Show Champion
Time: 7 PM

2012.02.29
[BROADCAST] Arirang TV Wave K (Pre-recorded 02.22)
Time: 11 AM

[RECORDING] MBC Spring Concert
Location: Sajik Arena (Busan)
Time: 3 PM

[BROADCAST] KBS2 Vitamin (Jaehyo)
Time: 8:55 PM

[BROADCAST] MBC every1 Bokbulbok Show
Time: 10:54 PM

2012.03.01
[BROADCAST] SBSMTV Studio C
Time: 11 PM

2012.03.02

2012.03.03
[RADIO] MBC Radio Younha’s Starry Night
Time: 10 PM

2012.03.04

source: BlockBintl Forum

Tetapi BBC berpikiran positif dengan dikuranginya jadwal Block B dapat memberi mereka waktu untuk beristirahat dari segala kegilaan suasana yang suram ini.

Bleehhh~
Serius deh, pantat Wannyaa ampe sakit nulis berita ampe bejibun begini. Tapi Wannyaa masih punya kumpulan berita menarik berikutnya yang masih terkait dengan masalah ini. Jadi siapkanlah pantat para penguntit sekalian untuk perjalanan kita selanjutnya…

Muhuhuhuhahahaha~

Kalo tadi para penguntit sekalian udah melihat berita dari sudut pandang para netizen umum, sekarang mari kita liat dari sudut pandang para fans Block B, yaitu Block B Club aka BBC

Yang menarik dari para BBC yang Wannyaa pantau selama seminggu terakhir, mereka sungguh-sungguh keukeuh untuk membela Block B dengan berbagai cara…


Salah satunya BBC melakukan pendekatan dengan kakak kandung Zico, yaitu leader SPEED (CoEd School male unit), Tae Woon dengan mengetwit sebuah artikel yang menceritakan dialog lengkap yang sebenarnya terjadi pada saat wawancara tersebut. Dan mention ini pun di-retweet oleh Tae Woon. Artikel lengkapnya dapat dilihat di SINI.

Terjemahan:
INTERPRETER: Acara amalnya akan diadakan besok, dalam arti, sebuah showcase untuk kepentingan amal.
Zico: Amal?
INTERPRETER: Amal, amal.
Zico: Ah sumbangan.
Kyung: Oh benar-benar? Ah ~ jadi saya sudah melakukan sesuatu yang baik.
INTERPRETER: Ya … Apa pendapat Anda tentang itu?
Kyung: Sangat menyenangkan.
Zico: Beritahu kami tentang sumbangan yang biasanya anda buat.
Kyung: Biasanya, setiap bulan saya mengambil ₩ 200.000 dari rekening saya. (US $ 180)
INTERPRETER: Hasilnya digunakan untuk?
Kyung: Untuk anak-anak di Afrika .. Ya. Karena menyumbangkan itu membantu, saya pikir memberi sumbangan adalah sesuatu yang sangat diperlukan dalam hidup, dan bahkan ketika kita berhasil nanti saya ingin menyumbangkan setengah dari semua yang saya miliki.
INTERPRETER / ANGGOTA LAIN: Setengah dari semua keberuntunganmu? Katakan yang jelas. Oh ~ Oh ~
Kyung: Bukan, (maksud saya) setengah dari gaji saya. Selama satu bulan, satu bulan.
Zico: Apaa~~~ Jika menyumbang setengah dari apa yang Anda terima dalam satu bulan, maka dalam 3 bulan ini sedikitnya _______ sebagian besar
(Di sini penafsir memotong ke pertanyaan berikutnya dan Anda tidak dapat mendengar apa yang Zico katakan yang membuat Kyung tertawa. )
INTERPRETER: Apakah Anda kebetulan tahu bahwa ada banjir di Thailand?
Zico: Ya, kami tahu itu ..
Kyung: Ya tentu saja kami tahu tentang hal itu.
INTERPRETER: Ini adalah untuk kepentingan para korban dari kerusakan mereka.
BLOK B: Ah ~
Zico: Ei tentu saja kami menyumbang, kami tahu itu. Kami berpikir bahwa semua orang pasti sangat menderita akibat banjir, dan kami berharap bahwa kompensasi moneter dapat membantu mereka pulih. Kami tidak memiliki apa-apa selain uang …
Kyung: Berapa banyak yang Anda miliki sekarang?
Zico: Hah?
Kyung: Berapa banyak yang Anda miliki sekarang?
Zico: Saya? 7.000 won … sekitar itu? (US $ 6)
* tertawa *

Nah, dari situ cukup bisa dipahami bahwa maksud Zico menyebutkan 7000 won adalah bukan banyaknya jumlah yang akan disumbangkan untuk para korban banjir di Thailand, tetapi itu adalah jawaban Zico atas pertanyaan berapa jumlah uang yang saat ini sedang ia punya. Dan member lain pun tertawa karena ternyata saat itu Zico sedang bokek alias gak punya duit banyak.
Dikatakan bahwa interview tersebut adalah versi dari yang sudah diedit, jadi ada beberapa adegan ataupun wawancara yang dipotong, maupun bisa jadi tidak terdengar oleh penonton karena suara yang tidak terlalu jelas.

Tae Woon pun juga menulis di twitternya (@bkgo123) dan memohon kepada para netizens untuk tidak mengganggu keluarganya dengan kejadian ini.

정작입으로뱉는이들은 이기분을알까.
From what one spits out from their mouth would know what feeling they have.

-가 족 까 지 건 드 리 지 말 아 주 세 요-
Please don’t bother family.


Kemudian yang menarik adalah, setelah wawancara berdarah tersebut berlangsung (27 Januari 2012), esoknya (28 Januari 2012) Block B mengadakan sebuah mini concert dan autograph-session yang bertajuk Block B The1st Show for Share yang diadakan pukul 3 sore waktu setempat dan bertempat di LED Club, RCA, Thailand. Dalam acara ini, selain Block B dan para Thai BBC merayakan ulang tahun PO, dalam acara ini Block B juga menyumbangkan sejumlah buku kepada Chan Pairoj Vidhaya School di kota Ayudhaya, Thailand yang menjadi korban banjir ekstrim di Thailand. Acara ini merupakan proyek kerjasama antara Brandnew Stardom Entertainment, Block B, Thai BBCs dan Nsquare Organizer.

Kemudian dikatakan bahwa setiap bulannya Block B menyumbangkan sedikitnya $200 (sekitar 233.000 Won) dari tabungan masing-masing member untuk disumbangkan ke Africa untuk kesejahteraan anak-anak di sana.

Fiuh~

Sebagai kesimpulannya hal ini bener-bener jadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi Block B untuk semakin dewasa dalam berekspresi dan lebih professional lagi dalam bekerja. Mungkin bagi beberapa fans Block B yang sudah mengenal mereka sejak awal, tidak terlalu mempermasalahkan sikap mereka yang tampak easy going dan free style yang keren.
Tetapi para netizens lain di luar sana belum tentu memaklumi dan mafhum dengan sikap Block B yang tampak liar, kasar, dan cenderung seenak jidatnya sendiri seperti itu.
Terutama ketika sedang berada di negeri orang, yang notabene harus tetap membawa nama dan citra baik tanah airnya.

Bagaimana dengan para penguntit sekalian??
Apakah Block B sudah pantas dimaafkan??

~BONUS CORNER~
Seorang BBC membuat lagu untuk Block B yang dia bikin berdasarkan lagu “Action” yang ada di album terbaru Block B “Welcome To The Block”. Enjoy~

[International BBC Support Song] Block B – Action Cover

tripstoomuch

[International BBC Support Song] Block B – Action Cover

Stand up! It’s your fans, Block B
B to the B C
Ya bet you’re going in history
Don’t be sad
We got you back!
Smile and live your life
As it was before all this fight

Hey what’s wrong with you
You gazing me with your tear stained eyes
Don’t worry we’re here for you
Ya know if you stick with us we stick withchu

This endless war is passing too damn slowly
So serious but you’re so mysterious
Even if endless worries be comin’ towards ya
Don’t give up cause they got nothing on ya

Right now, you should let all your worries go
Can you hear us shout out
Don’t cry no no no no more
Right now, you’re not gonna face this alone

Stop feeling so down and follow us
Attention it’s time to action!

A C T I O N
When you’re down, stand up again
We’ll cheer you up with this melody

P A S S I O N
Stronger than you’ve ever been
Action, party tonight

Here I go
Stop right there what’s wrong with your stance?
Looking at your face, it looks like it’s the end of the world
Stop thinking about it, just loosen yourselves
Push away that burden on your shoulders
It’s time to shine like you used to, man right right now

Following this won’t do you any harm
Let’s be strong together, COME ON!

Right now, you should let all your worries go
can you hear us shout out,
don’t cry no no no no more
right now, you’re not gonna face this alone

Harder better stronger faster
It’s what we’ll be together – go!

A C T I O N
When you’re down, stand up again
We’ll cheer you up with this melody

P A S S I O N
Stronger than you’ve ever been
Action, party tonight

A C T I O N
When you’re down, stand up again
We’ll cheer you up with this melody

P A S S I O N
Stronger than you’ve ever been
Action, party tonight

Move on and push on and keep on and never stop
Move on and push on and keep on and sing this s-o-ong
Move on and push on and keep on and never stop
Move on and push on and keep on and sing this s-o-ong

source: in2kpop + Omonatheydidn’t@LiveJournal + AllKPop + Block B International Forum + Coreclique.com + 2pmalways.com

3 thoughts on “Block B Controversies: The Raging of Netizens

  1. Be strong Block B…… !!
    Netizens are such rude & evil people!!! Bukankah mereka sudah meminta maaf? berkali-kali malah. Yah sebenarnya bukannya membenarkan perilaku mereka, tapi mereka sudah mengakui kesalahan mereka, meminta maaf di depan umum, bukankah itu sudah cukup??
    Saya benar2 prihatin atas kasus ini… Media massa juga ikut menggembar-gemborkan berita ini, shg makin memperburuk keadaan😦

  2. q rasa sikap netizen itu berlebihan (lebay)
    coba saja di pikir buknd ya sikap mereka itu jauh lebih buruk dari pada sikap blok B saat wawancara. bukand hanya tidak tau tata kerama juga tidak tau etika dan tidak punya hati nurani. mereka juga membuat orang-orang yang tidak bersalah jadi ikut terseret dalam masalah ini. ada pepatah yang mengatakan jangan lihat orang dari cesing ya saja, tapi lihat dari dalamnya. q rasa mereka yang mengaku jadi netizen tidak jauh lebih baik dan tidak jauh dari kata tidak pernah didik dari pada belok B.
    saya pernah mendengar ada yng bilng. hormati lah org lain maka kamu akan di hormati.
    so. aku yakin belok B pantas menrima kata maaf.

  3. makasih banget buat info nya, lengkap+jelas bangeeetttt. bener pantatku sampe pedes bacanya. keke.
    1.emang netizen korea itu sensitip banget kalo masalah sopan en santun. (kayak pas insiden jay park). kalo pas bagusnya, dipuja puja, diarak, di giring dll… tapi pas jatuh begini udah pasti diinjek-injek “NO MERCY” lah pokoknya. apalagi fansfans nya nickhun en 2pm udah pasti kebakaran jenggot, soalnya fans disana juga posesif banget. ini nih yang bikin beritanya tak terkendali.
    2. kasiaaaann banget sama Block B ‘nya. mereka baru aja debut, masih abg pula, langsung kena masalah kayak gini. kalo baca hasil interview yang asli tadi, kayaknya disini Block B sama sekali gak bersalah. piuhhh… yah “THE POWER OF MEDIA” bisa memutar balikkan yang salah dan benar.
    3. dari mulai panik, bingung, nyesel, shock, sampe gila, udah pasti mereka rasain. apalagi harus tampil di acara-acara musik, ketemu orang-orang yang bisa dibilang ‘gak suka’ sama mereka. itu pasti beraaaatttt banget. coba aja dipikir, kalo kita dapet maslah kayak gitu, pasti pengenya ngilang dari bumi, lari, terbang sampe langit ketujuh.. dan ya gitulah intinya. udah untung mereka gak nyari jalan pintas dengan bunuh diri.
    4. salut banget sama BBC. (walaupun aku bukan BBC). emang fans harusnya begitu. mungkin buat Block B, BBC ini kekuatan bagi mereka.
    5. aku salut banget sama eonni wannyaa ini, keke tulisannya bagus (kan tulisan komputer), gak garing, infonya lengkap pula. jadi bukan sekedar opini. daebak lah pokoknya, aku juga VIP lo eonni, B)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s